BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Dewasa ini, sudah tak dapat dielakkan lagi bahwa minat untuk belajar
seseorang akan mudah sekali naik turun. Agar minat untuk belajar ini senantiasa
tetap naik dalam waktu ke waktu, maka setiap siswa harus memiliki keinginan
untuk tetap terus belajar. Agar keinginan untuk tetap terus belajar itu ada dan
semakin meningkat frekuensinya, maka setiap siswa tentu saja harus memiliki
motif-motif tertentu yang menyebabkan ia harus tetap semangat belajar.
Keseluruhan
motif-motif yang menjadikan seseorang
menjadi semangat belajar ini, secara umum dapat dikatakan sebagai motivasi.
Maksud dari motivasi belajar disini adalah
keseluruhan daya penggerak yang menimbulkan kegiatan belajar, yang
menjamin kelangsungan belajar dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga
tujuan dapat tercapai.
Berdasarkan
pengertian motivasi tersebut, sudah sangat jelas bahwa motivasi dalam proses
belajar sangat penting. Karena yang dibicarakan adalah proses belajar, maka
manfaat motivasi tidak hanya dirasakan oleh siswa, namun juga oleh seorang
guru. Melalui pengetahuan tentang motivasi, seorang guru dapat mengetahui dan
memahami motivasi belajar siswa di kelas, bahakan dapat juga membantu sisiwa untuk
meningkatkan motivasinya. Mengingat pentingnya pengetahuan akan motivasi, maka
pembahasan mengenai motivasi belajar dirasa perlu untuk diangkat.
1.2 Rumusan
Masalah
Adapun rumusan masalah yang
akan dibahas yaitu:
1.
Apa yang dimaksud dengan motivasi belajar?
2.
Mengapa motivasi dalam belajar penting?
3.
Apa unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi
belajar?
4.
Bagaimana upaya meningkatkan motivasi belajar?
1.3 Tujuan
Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah
ini adalah sebagai berikut;
2.
Mengetahui fungsi motivasi dalam belajar
3.
Mengetahui unsur-unsur yang mempengaruhi
motivasi belajar
4.
Mengetahui upaya-upaya meningkatkan motivasi
belajar.
1.4 Manfaat
Penulisan
Manfaat dari penulisan ini adalah agar para pembaca mengetahui secara lebih
rinci mengenai motivasi belajar.
1.5 Metode
Penulisan
Metode penulisan yang digunakan dalam pembuatan makalah ini adalah dengan
menggunakan metode studi pustaka.
BAB II
ISI
2.1
Pengertian Motivasi Belajar
Menurut
Sudirman (1992:73) Motivasi diartikan sebagai daya penggerak yang telah menjadi
aktif. Motif menjadi aktif pada saat-saat tertentu, terutama bila kebutuhan
untuk mencapai tujuan sanagt dirasakan mendesak. Sedangkan menurut Natawijaya
dan Moesa (1992:54) Motivasi adalah suatu proses untuk menggiatkan motif atau
motif-motif menjadi tindakan atau perilaku untuk memuaskan atau memenuhi
kebutuhan atau untuk mencapai tujuan.
Menurut Mc.
Donald (dalam Sardiman 1992:73-74) motivasi adalah perubahan energi
dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “feeling” dan
didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Pendapat tersebut menunjukkan
dalam pengertian motivasi terdapat tiga elemen penting, yaitu motivasi
mengawali terjadinya perubahan energi
pada diri setiap individu, motivasi ditandai dengan munculnya feeling,
afeksi seseorang, motivasi akan dirangasang karena adanya tujuan.
Dalam
kegiatan belajar motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak
yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan belajar dan
memberikan arah kegiatan belajar, sehingga tujuan dapat tercapai.
Siswa
belajar karena didorong oleh kekuatan mentalnya.Kekuatan mental itu berupa
keinginan, perhatian, kemauan, atau cita-cita.Kekuatan mental tersebut dapat
tergolong rendah atau tinggi.Ada ahli psikologi pendidikan yang menyebut
kekuatan mental yang mendorongterjadinya belajar tersebut sebagai motivasi
belajar.Motivasi dipandang sebagai dorongan mental yang menggerakan dan
mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku belajar.Dalam motivasi
terkandung adanya pengarahan sikap dan perilaku belajar individu. (Koeswara,
1989:Siagian, 1989 :Schein : Biggs &Teller, 1987).
Ada tiga
komponen utama dalam motivasi yaitu; (i) kebutuhan, (ii) dorongan , (iii)
tujuan. Kebutuhan terjadi bila individu merasa ada ketidakseimbangan antara apa
yang ia miliki dan yang ia harapkan.
Maslow
membagi kebutuhan menjadi lima tingkat, yaitu
1.
Kebutuhan fisiologis
2.
Kebutuhan akan perasaan aman
3.
Kebutuhan sosial
4.
Kebutuhan akan penghargaan diri
5.
Kebutuhan akan aktualisasi diri
Kebutuhan
fisiologis berkenaan dengan kebutuhan pokok manusia seperti pangan, sandang,
dan perumahan. Kebutuhan akan rasa aman berkenaan dengan keamanan yang bersifat
fisik dan psikologis. Sebagai ilustrasi, individu tidak boleh diganggu secara
fisik dan biarkan untuk berkreasi. Kebutuhan sosial berkenaan dengan perwujudan
berupa diterima oleh orang lain, jati diri yang khas, berkesempatan maju,
merasa diikutsertakan maju, dan pemilikan diri. Sebagai ilustrasi, individu
diperbolehkan untuk aktualisasi diri berkenaan dengan kebutuhan individu untuk
menjadi sesuatu yang sesuai dengan kemampuannya.Sebagai ilustrasi, seorang anak
desa boleh menjadi prajurit, berpangkat jenderal, dan menjadi kepala negara,
karena dia mampu dan diberi peluang.
Dari segi
dorongan, menurut Hull dorongan atau motivasi berkembang untuk kebutuhan
organisme.Di samping itu juga merupakan sistem yang memungkinkan organisme
dapat dipelihara kelangsungan hidupnya. Kebutuhan-kebutuhan organisme merupakan
penyebab munculnya dorongan, dan dorongan akan mengaktifkan tingkah laku
mengembalikan keseimbangan fisiologis organisme. Tingkah laku organisme terjadi
disebabkan oleh respons dari organisme, kekuatan, dorongan organisme, dan
penguatan kedua hal tersebut.Hull memang menekankan dorongan sebagai motivasi
penggerak utama perilaku, tetapi kemudian juga tidak sepenuhnya menolak adanya
pengaruh faktor-faktor eksternal.Dalam hal ini insentif (hadiah atau hukuman)
mempengaruhi intensitas dan kualitas tingkah laku organisme.
Dari segi
tujuan, maka tujuan merupakan pemberi arah pada perilaku.Secara psikologis,
tujuan merupakan titik akhir “sementara” pencapaian kebutuhan.Jika tujuan
tercapai, maka kebutuhan terpenuhi untuk “sementara”.Jika kebutuhan terpenuhi,
maka orang menjadi puas dan dorongan mental untuk berbuat “terhenti sementara”
untuk lebih
lengkapnya silahkan download link di bawah ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar